Kenaikan Pangkat PNS Diperbantukan/Dipekerjakan

Kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan/diperbantukan secara penuh diluar instansi induknya.

Yang dimaksud dipekerjakan/diperbantukan secara penuh diluar instansi induknya dalam ketentuan ini adalah dipekerjakan/diperbantukan secara penuh pada negara sahabat atau badan internasional dan badan lain yang ditentukan pemerintah, antara lain perusahaan jawatan, Palang Merah Indonesia, rumah sakit swasta, badan-badan sosial, dan lembaga pendidikan.

Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan atau diperbantukan di luar instansi induknya dan diangkat dalam jabatan pimpinan yang ditetapkan persamaan eselonnya, dapat diberikan kenaikan pangkat setiap kali setingkat lebih tinggi, apabila :

Sekurang-kurangnya telah 4 tahun dalam pangkat terakhir,
Setiap unsur penilaian prestasi kerja/DP-3 sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir, dan
Masih dalam pangkat yang ditetapkan untuk eselon jabatannya. Kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan atau diperbantukan di luar instansi induk hanya dapat diberikan sebanyak-banyaknya 3 kali, kecuali bagi yang dipekerjakan atau diperbantukan pada lembaga kependidikan, sosial, kesehatan, dan perusahaan jawatan.

Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan atau diperbantukan di luar instansi induknya dan yang menduduki jabatan fungsional tertentu untuk kenaikan pangkatnya harus memenuhi angka kredit, disamping syarat-syarat untuk kenaikan pangkat berdasarkan ketentuan yang berlaku.

 

About these ads

10 thoughts on “Kenaikan Pangkat PNS Diperbantukan/Dipekerjakan

  1. assalam. mo nanya ni pak, sy adalah pns vertikal dengan pangkat gol III/b yang di tempatkan di salah satu kabupaten di sulawesi tengah. saya masuk pns dengan status pendidikan terakhir s1. saat ini sy ingin kuliah s2, namun sy menyadari bahwa ijazah s2 saya kelak nanti tidak akan mempengaruhi pangkat/golongan saya karena sy memang sudah III/b. saya ingin kuliah s2 hanya karena ingin menjadikannya bekal jenjang karir saya kelak. kebetulan di tempat tugas saya ada pts yang membuka kelas pasca sarjana. yang jadi pertanyaan saya adalah apakah ketika saya telah menyelesaikan s2 kelak di pts tersebut, saya cukup melaporkan ijazah s2 saya tersebut ke kantor pusat saya saja, dan nanti mereka yang meneruskannya ke bkn atau saya sendiri yang harus melaporkannya ke bkn??. kemudian apakah ijazah s2 dari semua perguruan tinggi dapat diakui oleh bkn, saya khawatir sy uda buang2 duit buat kuliah s2 trnyata sy ga bisa memakai gelar s2 tersebut hanya karena pts tempat saya kuliah ga diakui??? sekedar info bahwa pts yang akan saya masuki bukan pts yang membuka program pasca sarjana kelas jauh dari pt lain, kuliahnya juga bukan di hri sabtu minggu dan juga jaraknya tidak lebih dari 60 km dari tempat kerja saya. atau kata lainnya pts yang akan saya masuki adalah pts yang betul2 ada program pasca sarjananya dan juga kuliahnya setiap hari dengan jam kuliah yang dapat dipilih pagi, sore dan malam hari. mohon pencerahannya.

    • wa’alaikum salam, Pak Rahman sebaiknya sebelum mengikuti perkuliahan s2 nya mengajukan permohonan untuk ijin belajar di program S2 tsb, dengan memiliki izin belajar dari atasan insya Allah ijazah yang akan diterima kelak dapat memiliki dampak terhadap jenjang karier Bapak sebagai PNS, salah satunya nanti pangkat/gol. ruang mentok2nya di Pembina, IV/a apabila tidak menduduki jabatan struktural eselon III/ atau fungsional tertentu. untuk izin belajar cukup dari pejabat struktural tertinggi di lingkungan kantor Bpk, apakah Kakanwil atau kepala Kantornya. mengenai status PTS nya sebaiknya perlu dipertimbangkan untuk memilih yang baik sehingga secara tidak langsung juga pengetahuan dan skill Bapak akan ikut berkembang jika memilih tempat studi yang baik. demikian Pak Rahman semoga bermanfaat, terimakasih.

  2. bagimana proses administrasi seseorang ingin dipekerjakan, misalnya PNS dipekerjakan sebagai anggota Komisi Pemiluhan Umum Daerah, ijinnya dari siapa? bagaimana pengajuan ijinnya?

    • pada umumnya instansi yang memerlukan, misalnya KPUD meminta kepada Pemko/kab PNS Daerah untuk mengisi personil di KPUD, sesuai amanat UU, mk Pemko/Pemkab memiliki keharusan untuk memenuhinya. ada 2 kemungkinan untuk proses pengisiannya, pertama diserahkan kepada Pemko/Kab untuk menentukan siapa saja personil yang akan ditempatkan, dan kedua. pihak KPUD mengajukan nama-nama PNS yang sebelumnya telah diseleksi sendiri. opsi ini dipilih tergantung dari kebijakan pimpinan (Walikota/KPUD). setelah proses pengusulan tsb, Walikota/bupati menerbitkan SK Pemindahan/Penempatan PNS ke KPU. Proses ijin tentunya dimulai dari ijin atasan langsung berjenjang sampai dengan Walikota/Bupati.

  3. Saya mendapat tawaran bekerja di Sekretariat ASEAN, apakah saya dapat menerima tawaran tersebut dengan menggunakan mekanisme diperbantukan/ dipekerjakan? Apakah Sekretariat ASEAN termasuk salah satu dari kategori di atas, dan bagaimana prosesnya? Terimakasih

    • Pemerintah dapat saja memperkerjakan/memperbantukan PNS pada Sekretariat Asean sepanjang tenaga pns diperlukan pada lembaga tersebut. mekanisme dpk/dpb adalah tawaran dari instansi yang menerima, dlm hal ini set. asean. persetujuan instansi induk untuk mempekerjakan/memperbantukan, dan diusulkan kepada pjb yg berwenang untuk menerbitkan sk. dipekerjakan/diperbantukan. secara sederhana prosesnya seperti tsb, namun sebaiknya Anda konsultasikan kepada atasan Anda dan ke kemenlu untuk lebih jelasnya. terimakasih.

  4. Assalamualaikum,

    Pak mohon pencerahannya. saya Astari dari Kementerian Perdagangan tertarik untuk mengajukan permohonan diperbantukan sebagai dosen di universitas. Prosedurnya bagaimana ya? Dan saya menghubungi instansi mana untuk pengajuan tersebut karena saya tanya ke Biro Kepegawaian Kementerian saya tidak tahu sama sekali tentang prosedurnya. terimakasih sebelumnya

    • Wa ‘alaikum salam,
      prosedurnya adalah ada persetujuan dari Menteri pendidikan dan kebudayaan, selaku PPK yang membawahi universitas. dan Menteri perdagangan selaku PPK Anda sekarang. kemudian dibawa ke BKN untuk dipertimbangkan untuk mutasi antar instansi. untuk memperoleh persetujuan tsb ada prosedur yang berlaku di masing2 instansi. kemendikbud maupun kemendag menetapkan prosedur untuk menerbitkan persetujuan pindah. BKN juga mempunyai prosedur untk menerbitkan SK Pindahnya. untuk lebih lengkapnya bisa ditanyakan terlebih dahulu ke BKN, kemudian ke biro kepeg kemendikbud, setelah lengkap informasinya Anda bisa menghub i biro kepeg kemendag sehingga Anda dan biro kepeg di kemendag dapat mengambil kesimpulan dari hasil konsultasi Anda tsb. terimakasih.

      • Itu prosedur utk pindah ya Pak Agus? Atau memang prosedurnya mutasi sama dgn diperbantukan/dipekerjakan?
        Trus klo dari kementerian (misalnya kemendagri) bisa ngga dipekerjakan ke Pemda? Trus diangkat dalam jabatan eselon, tapi dasar utk membayar tunjangan jabatannya apa ya? Krn ybs bukan PNS di Pemda setempat, makanya tdk berani diberikan tunjangan daerah. Trims mohon jawaban

  5. Assalamualaikum ysh pak agus

    Perkenalkan saya dini dari badan pengkajian dan penerapan teknologi, saya ingin mengajukan mutasi perbantuan atau dipekerjakan ke salah satu instansi pns di balikpapan krn ikut dinas suami yg sementara. Mohon masukan bapak, instansi mana dibalikpapan yg sebaiknya dituju?terkait dgn status pns saya adalah fungsional pegawai pns pusat LPNK. Sblmnya saya browsing2 menyarankan untuk apply ke instansi PNS yg dikelola pusat krn akan terkait birokrasi dan KPPN dsbnya. Apakah hal tsb harus dipertimbangkan jg? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s