Dasar Hukum Pengangkatan dan Pemberhentian PNS dalam Jabatan Struktural

Pasal 17 ayat (2) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 juncto UU Nomor 43 tahun 1999 bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan struktural harus berdasarkan prinsip profesionalisme.
Pasal 133 UU Nomor 32 tahun 2004 juncto UU Nomor 12 tahun 2008 bahwa pengangkatan dan pemberhentian PNS dalam jabatan struktural perlu memperhatikan pengembangan karier PNS daerah, jadi PNS Pusat atau PNS dari daerah lain..jangan mimpi bisa mengembangkan karier di daerah lain?
Pasal 10 PP 100 tahun 2000 juncto PP Nomor 13 tahun 2002 mengatur tata cara pemberhentian PNS dari jabatan struktural.

Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 tetang wewenang pengangkatan dan pemindahan PNS.  Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota) melaksanakan Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon II kebawah dan Jabatan Fungsional jenjang madya kebawah di lingkungan Pemerintah Kabupaten/kota.
Khusus untuk pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon II ditetapkan/dilakukan setelah berkonsultasi secara tertulis dengan Gubernur ;

Pasal 14 ayat (1) PP Nomor 100 tahun 2000 juncto PP Nomor 13 tahun 2002 bahwa untuk pengangkatan PNS dalam jabatan struktural, Bupati/Walikota/Gubernur (Pejabat Pembina Kepegawaian) perlu mendengarkan pertimbangan/saran Baperjakat.

Pasal 30 ayat (1) dan (2) PP Nomor 9 tahun 2003 mengenai tindakan administratif.

About these ads

One thought on “Dasar Hukum Pengangkatan dan Pemberhentian PNS dalam Jabatan Struktural

  1. Bagaimana jika seseorang yg jabatannya diiisi oleh pejabat baru sementara pejabat lama tdk diangkat dalam jabatan baru dan juga tdk diberhentikan dr jabatan lama, bukankah pengangkatan dan pemberhentian dari dan dalam jabatan struktural hrs di sk kan dandilantik bg yg diangkat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s